Cleaning Service

Perhatikan! Inilah Cara Membersihkan Noda di Sofa yang Benar

Noda di sofa seringkali menurunkan nilai estetis di ruang tamu Anda. Pasalnya, sofa merupakan salah satu elemen interior utama yang akan diperhatikan...

Written by Beend · 1 min read >
Cara Membersihkan Noda di Sofa

Noda di sofa seringkali menurunkan nilai estetis di ruang tamu Anda. Pasalnya, sofa merupakan salah satu elemen interior utama yang akan diperhatikan oleh setiap tamu yang berkunjung ke rumah Anda.

Jadi, apabila sofa Anda bernoda, beberapa tamu Anda mungkin akan merasa risih untuk duduk di sofa dikarenakan kotor. Bahkan, mereka akan malas untuk berkunjung ke rumah Anda lagi.

Lalu, bagaimanakah cara membersihkan noda yang menempel di sofa Anda? Tentu saja ada banyak cara. Simak saja penjelasan berikut ini.

baca juga: jasa pembersih rumah tangerang

Cara Membersihkan Noda pada Sofa Berdasarkan Jenis Noda

Beberapa jenis noda bisa menempel pada sofa Anda.  Dan ini merupakan hal yang sangat wajar. Namun, jika noda itu dibiarkan terlalu lama bisa sulit dibersihkan dan merusak tampilan furnitur Anda.

Jadi, bersihkanlah noda di sofa segera mungkin dengan benar, serta disesuaikan dengan jenis nodanya.

Pertama, noda yang sering Anda temukan adalah noda makanan. Anda bisa membersihkannya menggunakan spons lembut, air dan detergen cair yang mengandung enzim. Detergen cair dibalurkan pada noda dan biarkan selama setengah jam. Lalu, gosoklah noda perlahan dengan spons sampai bersih.

Selanjutnya noda minuman, misalnya kopi. Pertama, Anda bisa menggosokkan es batu pada permukaan noda itu. Lalu, larutkan detergen cair dan air hangat. Kemudian, aplikasikan larutan tersebut pada noda menggunakan tisu sampai noda bersih.

Nah, berikutnya adalah noda tinta. Anda bisa membersihkannya dengan menggosokkan sedikit alkohol pada noda. Lakukanlah dari sisi terluar menuju ke dalam agar noda tidak menyebar.

Sebelum Anda mengaplikasikan cara di atas, sebaiknya perhatikanlah kode sofa Anda. Misalnya, kode W, S, SW, atau X. Kode ini menunjukkan apakah bahan pelapis sofa Anda bisa dibersihkan dengan cara water cleaning  atau dry cleaning saja.

baca juga: jasa bersih rumah tangerang

Cara Membersihkan Noda pada Sofa Berdasarkan Bahan Sofa

Selain memperhatikan jenis nodanya, cara membersihkan noda di sofa juga harus disesuaikan dengan bahan pelapis sofa yang digunakan. Berikut caranya:

  1. Bahan kulit

Jika sofa Anda terbuat dari kulit asli, maka Anda bisa membersihkan nodanya menggunakan spons dan baby oil.

Aplikasikanlah  baby oil menggunakan spons secara merata ke permukaan sofa. Lalu, basuh dengan kain lembab dan keringkan dengan lap kering.

  1. Bahan oscar

Jika sofa Anda berbahan oscar, maka Anda bisa membersihkan nodanya menggunakan detergen, air dan sikat halus.

Buatlah larutan air dan detergen dalam wadah. Lalu, sikat noda dengan larutan air detergen sampai bersih. Keringkan sofa dengan lap kering dan dijemur.

  1. Bahan kain

Anda bisa membersihkan noda pada sofa berbahan kain dengan mencucinya. Hal tersebut dikarenakan noda pada sofa yang berbahan kain tidak bisa hilang dengan mengelapnya saja.

Itulah berbagai cara membersihkan noda di sofa yang benar. Bersihkanlah noda pada sofa sesuai dengan jenis noda dan bahan pelapis sofanya.