Teknologi

Cara Membersihkan Pop-Up Toaster Dari Sisa Remahan Roti

Toaster atau alat pemanggang roti adalah suatu alat yang biasa digunakan untuk memanggang roti dengan lebih efisien. Berbeda dengan panggangan biasa yang...

Written by Beend · 1 min read >

Toaster atau alat pemanggang roti adalah suatu alat yang biasa digunakan untuk memanggang roti dengan lebih efisien. Berbeda dengan panggangan biasa yang mungkin hanya bisa memanggang roti satu persatu, toaster bisa memanggang beberapa roti sekaligus. Selain itu, memanggang roti dengan menggunakan toaster lebih efisien karena tidak perlu membolak-balikan roti saat proses pemanggangan.

Alat pemanggang roti atau toaster banyak digunakan di berbagai restoran dan cafe yang menyajikan roti pada menu mereka. Disamping itu, saat ini sudah cukup banyak rumah tangga yang juga memiliki toaster sebagai salah satu peralatan memasaknya. Beragam jenis toaster sendiri cukup mudah didapatkan di berbagai toko mesin pengolah makanan dengan harga yang cukup terjangkau.

Mesin pemanggang roti ini sendiri memiliki beberapa jenis toaster yaitu oven toaster, sandwich toaster, dan pop-up toaster. Dari ketiga jenis toaster tersebut, pop-up toaster merupakan jenis yang banyak dipakai di berbagai tempat dan rumah tangga. Kapasitas roti yang bisa dipanggang pun juga bermacam-macam mulai dua hingga enam roti tergantung dari merk dan harganya.

Sebagaimana mesin pada umumnya, toaster atau pemanggang roti juga harus dirawat secara rutin agar tetap berfungsi dengan baik. Perawatan toaster perlu dilakukan karena biasanya setelah memanggang roti, akan ada sisa remahan roti yang tertinggal di dalamnya. Sisa-sisa roti yang berupa remahan roti tersebut perlu dibersihkan agar toaster bisa bekerja secara maksimal dan tetap awet.

Berikut adalah cara membersihkan pop-up toaster dari sisa remahan roti agar tetap bersih dan tahan lama:

Cabut kabel toaster

Hal pertama yang harus dilakukan untuk membersihkan toaster adalah cabut terlebih dahulu kabel yang tersambung dengan listrik. Setelah itu, pindahkan toaster ke tempat yang datar seperti meja dan beri alas berupa koran bekas agar mudah mengumpulkan remahan.

Copot bagian nampan remah

Kedua, setelah toaster dipindah ke meja dengan diberi alas berupa koran bekas selanjutnya adalah lepas nampan remah pada toaster. Kebanyakan toaster atau alat pemanggang roti dilengkapi dengan nampan remah atau crumb tray di bagian bawah toaster. Untuk melepasnya biasanya cukup mudah, yaitu dengan cara ditarik keluar pada bagian bawah crumb tray di toaster.

Goyang bagian nampan remah

Ketiga, langkah selanjutnya setelah itu adalah angkat nampan tersebut lalu goyangkan diatas alas koran yang telah disiapkan. Goyang-goyang dengan kencang agar semua remah roti, debu, kotoran, dan serpihan kotor lainnya yang menempel di nampan bisa hilang.

Cuci nampan dengan bersih

Keempat, selanjutnya setelah nampan digoyang-goyang untuk menghilangkan remah sisa roti, cuci nampan remah tersebut hingga bersih. Seka bagian permukaan nampan remah tersebut dengan menggunakan air hangat dan sabun cuci piring diatas wastafel. Cuci secara menyeluruh nampan remah tersebut sebagaimana mencuci peralatan dapur pada umumnya kemudian keringkan hingga benar-benar kering.

Singkirkan remah yang ada di dalam

Kelima, bersihkan bagian utama toaster untuk menyingkirkan sisa remah roti yang jatuh di bagian pemanggang dari toaster. Gosoklah bagian panggangannya dengan menggunakan sikat yang lembut untuk menyeka remah-remah yang menempel di panggangan bagian dalam.

Bersihkan slot bagian dalam

Keenam, basahi sikat dengan sedikit cuka kemudian tempatkan di bagian dalam toaster lalu sikat jeruji kawatnya hingga bersih. Penggunaan cuka lebih baik daripada membasahi sikat dengan air yang bisa menyebabkan genangan air pada dasar bagian dalam toaster.

Lap bagian luar toaster

Terakhir, lap bagian luar toaster dengan menggunakan kain yang dibasahi dengan cuka dan gosok secara keseluruhan bagian luar toaster. Setelahnya pasang kembali nampan bagian bawah dan colokan kabel untuk mulai menggunakan toaster kembali.