agama, Bisnis, Dunia ternak

Cara Memilih Rumah Aqiqah di Bandung Terpercaya

Written by Beend · 4 min read >

Belakangan ini, semakin banyak lembaga atau perusahaan yang menawarkan jasa aqiqah. Hampir semua kota di Indonesia kini sudah tersedia layanan atau jasa semacam ini. Hal ini mengingat bahwa semakin banyak masyarakat yang menyukai gaya hidup praktis. Sebagai pelanggan, layanan jasa aqiqah memang sangat menguntungkan.

Bukan hanya tidak perlu repot untuk mengurus prosesi aqiqah sendiri, daging aqiqah yang dimasak pun memiliki rasa yang lezat. Ini berkaitan dengan pengolahan daging kurban yang membutuhkan teknik tersendiri agar tidak alot dan perengus. Oleh karena itu, lebih banyak yang memilih menggunakan jasa rumah aqiqah di Bandung karena tidak perlu repot dan rasa masakannya juga dijamin lezat.

Ini Dia, Tips Memilih Rumah Aqiqah di Bandung yang Terpercaya

Banyaknya penyedia jasa aqiqah yang mulai bermunculan, justru harus membuat kita lebih selektif dan berhati-hati jika berencana untuk menggunakan jasa tersebut. Jangan sampai salah pilih yang nantinya justru membuat kecewa. Misalnya, kambing yang digunakan tidak memenuhi kriteria atau rasa masakannya yang kurang memuaskan. Untuk itu, ada beberapa tips yang perlu diterapkan sebelum memilih untuk menggunakan jasa aqiqah.

  1. Pilih brand yang sudah terkenal dan berpengalaman

Lembaga yang sudah berpengalaman dan terkenal, tentunya akan memiliki profesionalitas yang tinggi dalam melayani semua kebutuhan pelanggan. Meski begitu, jangan langsung percaya begitu saja dengan brand yang sudah terkenal tersebut.

Pastikan untuk melakukan pengecekan terlebih dahulu dengan melihat review atau testimoni dari para pelanggan sebelumnya melalui internet. Jika brand rumah aqiqah di Bandung tersebut selalu mendapat respons yang baik dari konsumen, maka Anda bisa mengambil keputusan untuk menggunakan jasa brand tersebut.

  1. Lokasinya dekat dengan rumah

Memilih lembaga aqiqah yang lokasinya terjangkau juga sangat penting. Hal ini bertujuan agar Anda bisa mengecek langsung ke lokasi tersebut. Baik untuk memilih hewan kambing, menyaksikan langsung proses penyembelihan kambing, atau sekedar ingin memastikan bahwa prosesi penyembelihan aqiqah di sana dilaksanakan sesuai syariat.

Bisa juga untuk memudahkan Anda yang ingin melakukan testimoni atau mencicipi secara langsung rasa masakan daging kambing yang diolah oleh lembaga tersebut. Nah, untuk wilayah sekitar Bandung dan Cimahi, sebaiknya memilih lembaga Assabiq Aqiqah yang sudah berpengalaman sejak lebih dari 20 tahun. Dengan pengalaman tersebut, Assabiq Aqiqah tentunya mampu menyajikan masakan daging kambing dengan rasa yang enak dan lezat.

  1. Pastikan Tata Caranya Memenuhi Syariat

Aqiqah adalah prosesi yang dimaksudkan untuk beribadah. Oleh karena itu, tata cara penyembelihan kambing harus dilakukan secara syari atau mengikuti tuntunan. Jadi, pastikan untuk memilih lembaga aqiqah yang melaksanakan proses penyembelihan kambing secara syari, sehingga daging kambing tersebut halal untuk dikonsumsi.

Untuk memastikan hal ini, Anda bisa meminta kepada pihak lembaga untuk mengirimkan video dokumentasi saat penyembelihan kambing yang pernah mereka lakukan sebelumnya. Jika lokasinya cukup dekat dengan tempat tinggal, maka tidak ada salahnya Anda datang ke lokasi lembaga tersebut untuk menyaksikan sendiri bagaimana prosesi penyembelihan di sana agar lebih yakin dan percaya.

  1. Menyediakan Banyak Pilihan Paket

Lembaga aqiqah yang profesional biasanya juga menyediakan beberapa pilihan paket aqiqah untuk para pelanggan dengan harga yang beragam. Dengan banyaknya pilihan paket aqiqah yang tersedia, maka pelanggan bisa memilih jenis paket yang paling sesuai dengan kebutuhan dan budget yang disiapkan.

  1. Memiliki Layanan Pengantaran Pesanan

Rumah aqiqah di Bandung yang profesional pastinya menyediakan layanan antar pesanan. Ini artinya lembaga aqiqah tersebut menyediakan mobil khusus yang digunakan untuk mengantar pesanan ke alamat pelanggan.

Layanan ini memang sangat penting, terutama jika transaksi pemesanan dilakukan secara online dan alamat pelanggan cukup jauh dari lokasi jasa aqiqah tersebut. Dengan layanan ini, maka para pelanggan tidak perlu jauh-jauh mengambil pesanannya sendiri.

  1. Pastikan Kambing Sehat dan Tidak Cacat

Perlu diketahui bahwa ibadah aqiqah akan semakin sempurna dengan menggunakan kambing yang terbaik. Maka dari itu, kualitas kambing untuk ibadah aqiqah sangat penting untuk diperhatikan. Lembaga aqiqah yang profesional tentunya akan mengizinkan Anda untuk melihat dan memilih sendiri kambing aqiqah di lokasi kandang kambing milik mereka.

Sementara itu, lembaga abal-abal selalu memberikan alasan agar Anda tidak perlu datang langsung ke kandang mereka. Dengan mendatangi kandang secara langsung, maka Anda bisa mengecek dan melihat sendiri bagaimana kondisi kambing yang ada di sana, apakah sehat dan bagus? Lantas, bagaimana kriteria kambing yang sehat dan tidak catat?

Kenali Kriteria Kambing Aqiqah Yang Terbaik

  1. Postur Tubuh Tegap

Kambing yang sehat tidak selalu identik dengan badannya yang gemuk. Ada beberapa aspek lainnya yang menunjukkan bahwa kambing tersebut sehat. Diantaranya adalah gerakan kambing kuat dan lincah, punggungnya lurus, dada lebar, dan kakinya kokoh. Semua aspek ini akan membuat postur tubuh kambing terlihat tegap.

  1. Punggung Besar

Memilih kambing dengan punggung yang besar juga sangat disarankan. Hal ini mengingat bahwa kambing dengan punggung besar umumnya memiliki daging yang banyak. Cara mengamatinya adalah dengan memegang bagian punggung kambing.

Jika terdapat bagian yang menonjol tapi tidak sampai tulang, maka bisa dipastikan daging kambing tersebut banyak. Sebaliknya, jika Anda merasa menyentuh tulang saat memegang punggung kambing, maka artinya kambing tersebut dagingnya sedikit.

  1. Gigi Sehat dan Tidak Ompong

Detail gigi juga sangat perlu diperhatikan saat memilih kambing aqiqah. Pastikan kambing memiliki rahang yang kuat. Hal ini menunjukkan bahwa kambing tersebut dapat mengunyah makanan dengan baik. Artinya, kebutuhan nutrisi kambing pun terpenuhi dari makanan yang mereka makan. Saat nutrisi terpenuhi, maka kesehatan kambing akan terjamin.

  1. Mata Sehat

Kambing yang sehat memiliki sorot mata yang fokus. Ini menunjukkan bahwa kambing tersebut bisa melihat dengan jelas. Sebaiknya, hindari memilih kambing yang matanya berwarna merah. Mata merah bisa menjadi tanda bahwa kambing tersebut kurang sehat. Jadi, pastikan bahwa mata kambing bisa melihat dengan jelas. Jangan memilih kambing yang mengalami gangguan atau cacat pada bagian matanya.

  1. Kuku Bersih

Kuku yang bersih menunjukkan bahwa kambing tersebut dalam kondisi sehat. Kuku bersih juga menandakan bahwa kambing bebas dari cacing penyebab penyakit. Cacing pada kuku kambing bisa berkembangbiak pada badan kambing.

Tentu sangat berbahaya jika kambing yang terjangkit cacing tersebut dikonsumsi oleh manusia. Bisa jadi, kita juga akan tertular penyakit akibat mengonsumsi daging kambing tersebut. Maka dari itu, pastikan kambing yang ditawarkan oleh rumah aqiqah di Bandung tersebut bebas cacing dengan memperhatikan bagian kukunya.

  1. Selera Makan Tinggi

Kambing yang sehat pastinya memiliki selera makan yang tinggi. Kambing terlihat lincah dan nafsu makan. Jika menemui kambing yang lesu dan kurang nafsu makan, maka bisa menjadi tanda bahwa kambing tersebut sedang tidak sehat. Jadi, sebaiknya perhatikan bagaimana selera makan dari kambing saat diberi makan. Pastikan untuk memilih yang nafsu makannya tinggi.

  1. Usia Kambing Telah Dewasa

Kambing yang dipilih untuk aqiqah biasanya sudah berusia dua tahun atau telah memasuki usia ke tiga tahun. Usia ini menunjukkan bahwa kambing telah dewasa, sehingga kambing aqiqah tidak terlalu tua atau terlalu muda untuk diolah menjadi makanan. Lantas, bagaimana cara untuk mengetahui bahwa kambing telah dewasa? Cara paling mudah adalah dengan mengecek gigi kambing tersebut. Kambing dewasa memiliki gigi susu yang sudah tanggal.

Itu dia beberapa kriteria kambing sehat yang digunakan untuk prosesi aqiqah. Mengingat bahwa kambing yang digunakan untuk acara aqiqah benar-benar harus sehat dan berkualitas, maka sebaiknya jangan pernah tergiur dengan penawaran paket aqiqah yang terlalu murah. Agar kualitas kambing terjamin, maka pilih rumah aqiqah di Bandung yang terpercaya.

baca Juga Aqiqah Bandung