Artikel

Cara Optimasi SEO Website Yang Menggunakan Blogger

Jika Anda hendak membuat website yang sukses, ada baiknya Anda pertimbangkan juga untuk membangun blog di dalam website tersebut. Gunanya, selain untuk meningkatkan...

Written by Beend · 1 min read >

Jika Anda hendak membuat website yang sukses, ada baiknya Anda pertimbangkan juga untuk membangun blog di dalam website tersebut. Gunanya, selain untuk meningkatkan kepercayaan pada pengunjung, juga untuk memberikan kredibilitas di mata search engine. Mungkin Anda bertanya, “Loh, bagaimana blog bisa meningkatkan kepercayaan di mata pengunjung?”

Coba bayangkan, apa jadinya kalau ada orang datang ke toko kita dan tanya-tanya ke pelayan toko, tapi si pelayan toko tadi ngga mudeng soal produk kita. Istilahnya, product knowledge nya nol. Ehm, agak memalukan ya pastinya…

Nah, blog bisa difungsikan seperti itu.

Para pengunjung mungkin tidak menemukan produk / layanan yang dia cari. Namun ketika di muter-muter membaca konten lain yang terdapat di dalam blog kita, siapa tahu dia menemukan informasi lain yang bisa jadi dia butuhkan. Ingat, kata kuncinya adalah “INFORMASI”.

Sehingga perlahan namun pasti, di dalam dirinya akan tumbuh rasa percaya bahwa website kita layak untuk dijadikan rujukan / referensi perihal produk atau layanan yang sedang di cari. Begitu juga bagi search engine.

Blog merupakan salah satu unsur yang penting supaya website kita memenuhi tujuannya. Jika konten senantiasa kita update, mereka para bot search engine ini akan semakin suka.

Soal bagaimana cara membuat blog, kalau kita menggunakan website WordPress tentunya hal ini akan sangat mudah, ngga perlu pusing-pusing lagi gimana caranya bikin fitur blog. Karena sebagai CMS, WordPress sudah menyediakan fasilitas ini.

Persoalannya sekarang, bagaimanakah kita membuat blog yang disukai oleh mesin pencari?

Cara SEO Website Menggunakan Blog

Rangkuman tips cara SEO website maupun blog praktis ini saya dapatkan dari seorang penulis, pakar, sekaligus praktisi Jasa SEO Medan
  1. Tentukan tema atau topik blog

    Sebelum blog kita buat, tentukanlah topik utama yang akan kita usung, karena nantinya akan menjadi judul blog yang kemudian dijabarkan menjadi deskripsi blog. Tentunya topik ini juga relevan dengan website kita secara keseluruhan.

  2. Riset kata kunci / keyword (KW)

    Lakukanlah ini dahulu ketika hendak menulis blog, kemudian ada baiknya jangan terlalu ingin mengejar keyword yang potensi trafiknya besar. Mulailah dari yang potensinya kecil, yang penting kita harus memahami prinsip kerjanya. Kalau sudah bisa muncul di hasil pencarian dengan keyword yang ringan, barulah kita tingkatkan dengan menggunakan keyword yang persaingannya berat. Prinsipnya, yang penting bisa muncul di hasil pencarian dulu, pakai keyword yang ringan tidak masalah.

  3. Posting yang relevan

    Buatlah konten yang berkualitas. Bikin konten yang unik dan bermanfaat, tapi jangan keluar dari topik utama blog. Lalu buat link antar halaman, jadi antar halaman saling mempromosikan. Kalau banyak halaman yang dibaca pengunjung maka blog dianggap berkualitas.

  4. Persiapkan SEO ONPAGE

    Contohnya seperti mengoptimalkan penggunaan kata kunci di bagian Meta Title, Meta Deskripsi, dst, sesuai hasil analisa keyword.

  5. Indexing

    Sambil menunggu postingan Anda masuk di Google, Anda bisa share ke social media supaya postingan tersebut lebih cepat terindex oleh Google.

  6. Lakukan SEO OFFPAGE

    Contohnya bisa menggunakan pola backlink commenting, backlink wheel / piramida, submit ke social bookmark.