Bisnis

Cat Tekstil untuk Membuat Kain Semakin Indah

Written by Beend · 2 min read >

Cat tekstil Cantiq ialah cat tekstil atau cat kain produksi dalam negeri yang berkualitas dan memiliki ketahanan yang kuat pada kain. Cat tekstil Cantiq tak akan luntur dari kain dan sudah teruji ketahanannya semenjak tahun 2006.

Cat tekstil Cantiq menyediakan 3 macam cat dengan 40 varian warna yang bisa dipesan setiap dikala. Ketiga macam cat tersebut ialah cat datar atau 2D, cat timbul atau 3D, dan cat cair. Khusus untuk cat emas dan perak cuma tersedia dalam macam cat datar, 38 warna lainnya daat dipesan dalam macam datar, timbul, maupun cair.

Cat datar ialah cat yang paling sering kali diterapkan untuk melukis kain. Cat datar diterapkan untuk membuat lukisan 2 dimensi, hasilnya datar dan menyatu pada kain. Cat macam ini memiliki tekstur yang tak kental dan juga tak cair, sehingga mudah diterapkan dan mudah meresap pada permukaan kain. Kain yang diwarnakan bisa juga dibuat menjadi kain penutup keranda bogor.

Made with Square InstaPic

Aplikasi cat datar bisa menggunakan kuas atau spon, teknik gradasi warna juga bisa diterapkan menggunakan cat macam ini. Gradasi warna bisa didapat dengan mencampurkan dua atau sebagian warna di suatu garis temu dalam situasi cat berair. Pelaksanaan finishing untuk lukisan dengan cat datar ialah disetrika dengan temperatur sedang sesudah lukisan benar-benar kering.

Pelaksanaan setrika bisa dilaksanakan dari komponen belakang, kalau perlu disetrika dari komponen depan menggunakan lapisan kain tipis. Kain atau baju yang dilukis menggunakan cat datar sebaiknya dicuci manual dengan tangan untuk mempertahankan mutu lukisan.

Cat timbul diterapkan khusus untuk membuat lukisan timbul atau 3 dimensi. Cat macam ini teksturnya lebih kental daripada cat datar. Cat timbul bisa diterapkan menggunakan kuas atau spon. Selain itu, cat timbul juga bisa diterapkan menggunakan plastik pembuat hiasan kue tar yang digunting kecil di komponen ujungnya.

Cat timbul diterapkan di kain dengan memainkan tebal tipis lukisan. Setelah kering, lukisan dengan cat timbul disetrika dari belakang dengan temperatur sedang. Dikala disetrika, lukisan yang menggunakan cat timbul akan mengembang perlahan-lahan sehingga menjadi lukisan 3 dimensi. Kain atau baju yang dilukis menggunakan cat timbul sebaiknya dicuci menggunakan dry cleaning, karena sifatnya yang bisa mengelupas kalau dalam situasi berair seperti pada tempat pemandian jenazah bogor.

Kalau berharap mencuci menggunakan air, sebaiknya pada komponen yang ada lukisannya tak perlu dikucek dan lantas dijemur agar lekas kering. Tak banyak orang yang menggunakan cat macam ini, namun kalau jago mengaplikasikannya, lukisan yang diciptakan akan menonjol unik dan tak pasaran. Kain atau baju yang menggunakan cat timbul juga memiliki skor jual tinggi, apalagi kalau dipadukan dengan cat emas dan perak yang menambah kesan mewah.

Cat cair ialah macam cat yang mengandung air paling banyak diperbandingkan kedua macam cat lainnya. Cat cair bersifat transparan, jadi sebaiknya diterapkan di kain atau baju warna putih atau warna-warna muda agar hasilnya maksimal. Lazimnya cat macam ini diterapkan untuk membuat gradasi background atau latar belakang lukisan.

Cat cair bisa diterapkan pada kain menggunakan kuas, kapas, atau spon. Karena mengandung banyak air, cat macam ini juga bisa diterapkan menggunakan alat semprot seperti pada teknik airbrush. Kocok dahulu sebelum penerapan. Kain yang berharap dilukis menggunakan cat cair bisa dikasih sedikit air secara khusus dahulu, dengan menggunakan kuas atau spon agar hasil warnanya merata pada kain. Setelah kain jadi, Anda bisa menggunakannya untuk menutupi keranda jenazah bogor.

Pelaksanaan ini juga bisa dilaksanakan untuk membuat gradasi warna, agar gradasi yang diciptakan bisa maksimal. Pelaksanaan finishing cat cair sama dengan cat datar, ialah dengan disetrika menggunakan temperatur sedang. Kain atau baju yang dilukis dengan cat cair juga sebaiknya dicuci menggunakan tangan agar mutu lukisan konsisten terjaga. .

Cat tekstil Cantiq memiliki kelebihan pada ketahanan yang kuat pada kain dan pilihan warna yang banyak. Cat yang belum dipergunakan, bisa bertahan sampai hitungan tahun kalau tertutup rapat dalam botol dan disimpan pada temperatur ruangan. Padahal saja, sesudah satu bulan, bebauan dan tekstur cat akan sedikit berubah.

Untuk menyelesaikan bebauan dari cat, sesudah lukisan kering bisa dicuci atau disetrika menggunakan pelembut dan pewangi baju. Kalau untuk menyelesaikan tekstur cat yang lebih padat, cat bisa dicampur dengan air mineral secukupnya di wadah lain seperti palet atau yang lainnya. Jadi, walaupun bebauan dan tekstur cat berubah, cat tekstil Cantiq konsisten bisa diterapkan dengan baik dan tak luntur di kain.

Kalau terjadi kekeliruan dikala progres melukis, lantas hapus noda cat dengan kapas yang dibasahi dengan air bersih sebelum cat kering. Kalau cat sudah terlanjur kering, noda cat akan susah dihilangkan, namun bisa diusahakan dengan mencuci noda cat menggunakan sabun cuci konsentrat sebelum cat disetrika.

Ada pertanyaan lain mengenai cat tekstil Cantiq, silakan menghubungi 085743131765, pin BB: D3736B39. Semoga cat tekstil Cantiq bermanfaat dan membawa bekah bagi diri pribadi maupun usaha anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *