Uncategorized

Kerajinan Sabut Kelapa Mudah dalam Pembuatannya

Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan tentang Kerajinan Sabut Kelapa Mudah dalam Pembuatannya, simak sampai selesai agar kalian dapat memahami dan...

Written by Beend · 1 min read >
Kerajinan Sabut Kelapa

Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan tentang Kerajinan Sabut Kelapa Mudah dalam Pembuatannya, simak sampai selesai agar kalian dapat memahami dan juga mempraktekkannya sendiri. Mungkin Anda bisa melihat berbagai referensi usaha sabut kelapa di jual cocomesh murah dan berkualitas.

Kerajinan Sabut Kelapa Mudah dalam Pembuatannya

Indonesia adalah negara kepulauan yang memiliki banyak tanaman kelapa. Sejak kecil, kita telah dikenalkan bahwa pohon kelapa memiliki banyak sekali manfaatnya dari akar sampai dengan daunnya. Contohnya adalah serabut kelapa yang biasanya hanya dibuang ternyata dapat diolah kembali menjadi keset yang berbahan dasar dari sabut kelapa.

Pemanfaatannya selama ini, buahnya menjadi santan dan minyak. Batangnya digunakan untuk kayu bangunan dan daunnya untuk kerajinan sapu, dan yang lainnya. Limbah kulit buah kelapa yang selama ini cuma dibuang saja ternyata dapat dijadikan produk yang dapat bermanfaat untuk lingkungan dan juga membawa nilai ekonomis di pedesaan.

Sabut kelapa pada umumnya hanya dimanfaatkan orang untuk keperluan bahan bakar bagi rumah tangga yang masih menggunakan bahan bakar kayu bakar. Di daerah yang merupakan penghasil buah kelapa, sabut kelapa ini sering dibuang begitu saja. Mungkin hanya pelaku usaha pembuatan bata dan juga genteng saja yang sering membutuhkan sabut kelapa tersebut untuk melalui proses pembakaran.

Namun, ada beberapa pengrajin yang memanfaatkan sabut kelapa ini untuk diolah menjadi produk yang memiliki nilai ekonomis. Seperti apakah gambaran bisnis pengolahan sabut kelapa tersebut?

Cocofiber atau disebut coconut fiber alias serat sabut kelapa merupakan suatu bahan utama dalam pembuatan aneka produk kerajinan. Sabut kelapa yang masih kasar dan juga menggumpal dapat diolah untuk memperoleh serat halus dengan dua cara, yaitu teknik tradisional dan teknik modern. Di bawah ini merupakan salah satu contoh cara membuat kerajinan dari bahan sabut kelapa yaitu kerajinan keset.

Alat yang dibutuhkan:

  • Rimbagan, palu, pisau, gunting, dan juga gobet

Bahan yang dibutuhkan:

  • Sabut kelapa, tali dari sabut kelapa, dan minyak kelapa

Cara membuat keset:

Siapkan alat dan bahannya. Bentuklah sabut kelapa seperti bantal. Pasangkan tali atau tambang pada rimbagan sebagai alur untuk melakukan penganyaman. Oleskan minyak secukupnya pada tali tersebut agar ketika bahannya dianyam tidak tersendat.

Anyamlah tali sebagai awalan sekaligus menjadi pondasinya. Anyam sabut kelapa seperti sedang menenun, masukan dari atas ditata sejajar sampai semuanya sudah terisi penuh. Setiap satu baris rapatkan dengan dipukul-pukul dari atas dengan palu agar keset menjadi padat dan juga memiliki kekuatan.

Setelah selesai melakukan peganyaman, kemudian permukaan keset dipangkas agar rata. Kunci tali atau tambang agar anyamannya tidak mudah lepas.

Keuntungan Bisnis Sabut Kelapa

Di Indonesia sendiri merupakan penghasil kelapa. Sabut kelapa kering dibuang begitu saja. Mungkin hanya pelaku usaha pembuatan bata dan juga genteng saja yang sering membutuhkan sabut kelapa tersebut untuk melalui proses pembakaran.

Para pengrajin telah memanfaatkan serat sabut kelapa untuk dapat diolah menjadi barang-barang yang dapat berguna, misalnya sapu lantai dan juga keset kaki. Seiring dengan semakin majunya berkembangnya zaman dan juga teknologi serta dengan pengolahan sabut kelapa yang juga semakin inovatif, sabut kelapa dapat menjadi produk kerajinan yang benilai jual tinggi.

Mesin Pengupas Sabut Kelapa

Untuk mempermudah dalam pengupasan kalian bisa menggunakan mesin pengupas sabut kelapa agar hasilnya bisa lebih banyak dan lebih cepat. Dan jika Ac Anda di rumah bermasalah bisa service ac rutin di service ac jogja. Sekian dan terimakasih.