Uncategorized

Pihak-Pihak yang Membantu dalam Praktik Dokter di Klinik Gigi Jogja 

Dokter gigi adalah seorang praktisi dalam bidang kesehatan yang bertugas mendiagnosa serta memberikan perawatan pada berbagai masalah gigi, gusi maupun struktur di...

Written by Beend · 1 min read >
Klinik Gigi Jogja

Dokter gigi adalah seorang praktisi dalam bidang kesehatan yang bertugas mendiagnosa serta memberikan perawatan pada berbagai masalah gigi, gusi maupun struktur di sekitar wajah dan rahang. Selain itu dokter gigi juga bertanggung jawab atas pelayanan yang bersifat pencegahan, pemeliharaan maupun pembersihan. Dalam menjalankan tindakannya, dokter gigi sudah memiliki izin resmi sehingga dapat dipertanggungjawabkan. 

Meskipun begitu, dalam praktik di lapangan dokter gigi tersebut tetap membutuhkan bantuan dari beberapa pihak. Dengan begitu dokter gigi dapat melaksanakan tugasnya secara optimal pada pasien. Termasuk dokter di klinik gigi Jogja yang mana dalam menjalankan pemeriksaan dan perawatan gigi pasien dibantu oleh beberapa pihak sebagai berikut. 

  1. Asisten Dokter Gigi
    Petugas ini menyediakan bantuan pada dokter gigi saat dokter gigi melaksanakan perawatan kepada pasien. Dimana asisten ini memiliki kewajiban yang mencakup strerilisasi peralatan dokter gigi, mempersiapkan pasien, mengulurkan peralatan yang diperlukan dokter gigi untuk melakukan tindakan, mengambil gambar gigi,  mengendalikan perangkat penyedot dan lain sebagainya. 
  2. Perawatan Gigi
    Petiugas ini biasanya mendampingi dokter gigi ataupun bekerja menjadi bagian dari seluruh tim perawatan gigi. Meskipun sebetulnya mereka mempunyai kualifikasi dapat menjalankan praktik sendiri secara pribadi. Tugas perawatan gigi adalah memusatkan perhatian pada perawatab penyakit mulut hingga pencegahannya. 
  3. Teknisi Gigi
    Petugas ini biasanya disebut dengan ahli teknologi gigi. Dimana perannya adalah mencipatkan rancangan alat gigi sesuai resep serta gambar yang disediakan oleh dokter. Selain itu teknisi gigi juga bertanggung jawab membuat empat tipe alat gigi. 
  4. Ahli Terapi Gigi
    Ahli ini adalah dokter gigi yang memusatkan perhatiannya serta melaksanakan pelayanan perawatan yang sifatnya pencegahan namun masih berada di bawah pengawasan dokter gigi. Ahli terapi gigi juga mengontrol mulut pasien anak-anak untuk membantu menjaga kebersihan mulut sejak dini. Ahli ini juga dapat melaksanakan pemeriksaan gigi menyeluruh, mengambil rontgen gigi, menjelaskan dampak pola makan bagi kebersihan mulut dan menyediakan saran pola makan. 

Demikianlah penjelasan mengenai pihak-pihak yang membantu praktik dokter gigi Jogja yang bisa menambah wawasan anda. Melalui informasi di atas, kini anda bisa lebih tahu mengenai petugas yang membantu dokter gigi dalam menjalankan tugasnya. Dengan begitu saat memeriksakan gigi anda tidak perlu takut jika dilayani oleh pihak-pihak tersebut.